Peta Situs | Komunitas Tzu Chi | Links  
Tentang Kami | Berita Tzu Chi | Misi & Visi | Cara Berpartisipasi | Jadwal Kegiatan | Inspirasi

Inspirasi
Ceramah Master
 Kata-kata Perenungan
 Cerita / Dongeng
 Ajaran Buddha

 

 

 

 

 


 

 

 
 

 



Ceramah Master

Penghargaan Keharmonisan Budaya
03/12/2005

Yg baru kita saksikan dalam tayangan itu adalah di Kanada. pada kesempatan kepulangan insan Tzu Chi kita dari Eropa , Amerika, Afrika dan Asia kali ini di hari kedua ketua pelaksana Kanada suami isteri He telah berkata pada saya, mereka harus pulang ke Kanada lebih awal. saya bertanya padanya apa alasannya. alangkah baiknya dapat bersama dgn yg lain dia berkata tugas saya mendampingi anggota yg akan dilantik tetapi karena kali ini walikota Vancouver ingin menganugrahkan piagam ke harmonis budaya yg selama ini belum pernah diterima oleh sebuah organisasi orang Tionghoa katanya, bagi Tzu Chi juga adalah suatu peristiwa besar. maka mereka harus pulang untuk menerima piagam ini. piagam yg diterima ini sesungguhnya juga merupakan sebuah kebanggaan bagi Insan Tzu Chi setempat tentunya insan Tzu Chi di sana juga bangga kerena telah partisipasi dengan Tzu Chi. ini sebuah organisasi besar yg tak terlepas dari sumbangsih setiap orang maka insan Tzu Chi yg berada di Kanada benar-benar berpartisipasi dgn sepenuh hati. Walikota Vancouver juga menetapkan secara khusus di kota Vancouver tgl 5 September sebagai Hari Tzu Chi. ini juga hal yg sangat membanggakan karena sekelompok orang-orang ini telah menetap di Kanada selama beberapa tahun, dan selalu bersumbangsih di sana. sejak kantor cabang Tzu Chi Kanada didirikan pada tahun 1992 selama sekian tahun dalam belasan tahun ini mereka selalu menaruh perhatian terhadap bencana yg terjadi di mana saja. insan Tzu Chi juga selalu sebagai pelopor yg terlihat sangat jelas dalam peristiwa kebakaran hutan yg terjadi tahun lalu juga bekerja sama dgn organisasi pertolongan darurat kemanusiaan lainnya selanjutnya dalam sumbangsih yg dilakukan oleh Tzu Chi juga dilandasi cinta kasih yg berbudaya Tzu Chi untuk menjalin hubungan baik dgn setiap orang karena selama ini Tzu Chi mengutamakan prioritas dan langsung dalam merangkul dan menghibur dgn kasih sayang terhadap setiap orang secara langsung menghibur mereka dgn kasih sayang langsung yg seperti itu maka para korban bencana pada saat itu telah mendapat penghiburan sangat hangat. maka penghargaan yg diberikan pada insan Tzu Chi oleh warga kota Vancouver di Kanada tidak diragukan lagi.

 

sungguh kehormatan yg sangat besar juga sangat berterima kasih, karena semuanya adalah hasil dari yg mereka lakukan juga pada bencana banjir sesudah musibah kebakaran insan Tzu Chi juga sama berada di barisan terdepan, maka dalam kegiatan baksos pembagian bantuan ini juga dilakukan kegiatan penghiburan. semuanya ini sungguh sangat mengharukan oleh karena itu, sejak tahun lalu Tzu Chi telah diakui sebagai sebuah kesatuan penyelamat darurat yg setaraf dgn Palang Merah dan badan amal lainnya karena aturan pemerintah setempat dalam mendirikan badan amal untuk mambatu orang sangat ketat mampu mencapai hingga tingkatan seperti ini yg menyatakan bahwa dimana saja terjadi bencana anda boleh langsung menuju ke sana sedangkan yg lain tidak diijinkan oleh karena itu, ini juga adalah satu satunya organisasi orang Tionghoa yg setaraf dgn Palang Merah dan pasukan penyelamat dunia dan merupakan organisasi yg diakui di sana. maka dapat dikatakan benar-benar membuat orang sangat terharu. makna terpenting dari piagam ini adalah menunjukan tidak adanya perbedaan agama etnis dan batas Negara keharmonisan cinta kasih antar sesama ini telah diperlihatkan dan dilakukan telah membuat orang terharu maka dia menganugrahkan piagam tsb selain kita bersumbangsih dalam musibah kecelakaan, bencana alam ataupun bencana peperangan dll yg juga mengesankan adalah para gelandangan. hal ini telah berlangsung beberapa tahun yg paling dibutuhkan oleh para gelandangan yg tidak punya rumah dan mengalami kedinginan serta kelaparan di musim dingin ini adalah sesuatu yg hangat mendapatkan makanan hangat yg sangat mereka butuhkan juga lebih membutuhkan kehangatan rohani yg diberikan insan Tzu Chi tidak hanya makanan juga kehangatan bagi jiwa mereka yg diberikan pada mereka bersama-sama dgn makanan hangat yg masih mengepul. oleh karena itu mereka telah mendapatkan penghiburan yg sangat mendalam, sungguh sangat mengharukan

Dimulai sejak tahun 1992 Bp Yehua dan Ibu Tian Ni selama banyak tahun mereka sangat antusias berpartisipasi mereka hendak membawa budaya Tzu Chi ke dalam lingkungan kehidupan orang Tionghoa di Kanada. maka sejak tahun 1992 mereka telah mengedit kaset-saset wejangan saya dgn sepenuh hati dan disiarkan melalui siaran radio dalam dialek Mandarin dan Kanton berharap apa yg sudah dilakukan di Taiwan dan wejangan yg disampaikan oleh Guru dikisahkan kembali oleh ibu Tien Ni benar-benar sangat mengesankan dapat menyampaikan budaya Tzu Chi sesuai dgn yg saya sampaikan. setelah dipahami olehnya, dia mengembangkan apa yg ada dalam hatinya. kedunia etnis Tionghoa setempat mengajak mereka bergerak bersama membuat organisasi ini benar-benar bersatu padu kita sebagai orang Tionghoa yg menetap di sana bersumbangsih dgn apa yg diperoleh di sana, bersumbangsih dgn kasih saying, dan mendapatkan simpati orang dgn demikian Tzu Chi telah mendapatkan eksistensi dari masyarakat. maka sungguh harus berterima kasih Tzu Chi sangat membutuhkan setiap orang walau berada di sebuah negeri yg jauh mereka mempunyai hati yg sama dgn anda dan saya menebarkan bibit cinta kasih di sana.

maka benar-benar merasa sangat terharu sumbangsih yg diberikan Kanada dalam waktu belasan tahun ini yg pada akhirnya telah mendapat pengakuan pemerintah setempat. kita bersama-sama dengan Palang Merah dan Pasukan Penyelamat Dunia, merupakan salah satu organisasi pertolongan darurat dalam masyarakat dgn piagam kebudayaan harmonis yg kita peroleh hal ini sungguh sangat mengesankan baiklah, tetap harus berterima kasih.

 

 


Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
Telp. (021) - 6016332, Fax. (021) - 6016334
Copyright © 2005 TzuChi.or.id