Peta Situs | Komunitas Tzu Chi | Links  
Tentang Kami | Berita Tzu Chi | Misi & Visi | Cara Berpartisipasi | Jadwal Kegiatan | Inspirasi

Inspirasi
Ceramah Master
 Kata-kata Perenungan
 Cerita / Dongeng
 Ajaran Buddha

 

 

 

 

 


 

 

 
 

 



Ceramah Master

Hadiah yang Tak Ternilai Harganya
12/11/2005

Rintangan dalam kehidupan memang banyak, namun di tempat yg sangat sulit seperti ini telah kita saksikan kasih sejati dalam kehidupan. Maka selalu dikatakan bodhisattva hadir di dunia karena adanya makhluk hidup yg menderita, meskipun di negeri yg sangat jauh dari kita, namun sekelompok Bodhisattva dunia ini selalu seperti ikut merasakan apa yg mereka alami, maka selalu timbul perasaan tidak tega, tak peduli di pelosok mana terjadi bencana selalu terdapat jejak langkah ˇ§Insan Tzu Chiˇ¨. Tim survey bencana gelombang pertama kita sungguh harus bekerja sangat keras dan berhasil merintis jalan ini dgn bersusah payah. maka dokter Qiu seorang ahli bedah syaraf rumah sakit Tzu Chi kita di Hualien, sepatunya robek karena terlalu banyak berjalan, sol bagian ujung sepatu telah terlepas semua. Pada hari dia kembali ke Hualian, dia telah memperlihatkannya kepada saya, keadaannya memang seperti itu. Benar-benar menggunakan kain plester.

ˇ§Ini adalah kain plester Pakistan, kita membawa plester yg terbuat dari kertas. mereka tidak miliki plester kertas, yg mereka punyai adalah plester dari kain. saya merasa dililit dgn plester kain lebih kuat, maka semuanya saya lilit dgn plester ituˇ¨. Yg sebelah tidak dia bawa pulang. Terlalu bau, karena terperosok dalam got. Maka hanya membawa pulang yg sebelah saja. Tugasnya benar-benar sangat berat, dia kurus empat kilo ketika kembali ke Taiwan. pada saat saya bertemu dengannya, saya bertanya: ˇ§Mengapa anda jadi begitu kurus? telah kurus berapa kilo?ˇ¨. ˇ§4 kiloˇ¨ jawabnya. tubuhnya yg memang tidak gemuk beratnya telah berkurang empat kilo pula, dapat kita bayangkan bahwa selama beberapa hari ini, dalam waktu setengah bulan alangkah beratnya pekerjaan mereka di sana. benar-benar jalan yg penuh dgn rintangan, telah berhasil mereka rintis.

Apakah keadaan gelombang ke 2 akan lebih baik? ternyata tidak juga, karena cuaca telah mendekati musim dingin, maka akan turun salju. suhu udaranya selalu di bawah nol derajat. beberapa hari ini sudah di bawah nol derajat, suhu di siang hari tidak lebih dari 30 derajat, maka meski suhu di siang hari sedikit lebih tinggi, tetapi di malam hari selalu dibawah nol derajat. nasib mereka lebih tidak beruntung. Dengan terputusnya jalan yg harus mereka lalui, memang jalannya sudah sangat sulit dilalui. turun hujan pula dua hari yg lalu kegiatan kita telah terbagi di 3 lokasi, di satu lokasi diadakan pengobatan amal, di satu lokasi kegiatan membangun tenda. di lokasi lainnya dilakukan kegiatan pembagian tenda dan selimut. Yg membuat orang sangat terharu adalah kerja keras yg telah kita lakukan termasuk kerja keras relawan bodhisattva dan para dokter berhati mulia kita. selain telah menggugah hati penduduk setempat juga telah menggugah anggota tentara setempat. benar-benar kita harus berterima kasih atas kesediaan tentara setempat berkerjasama dgn kita, misalnya dalam hal bahan bantuan yg akan dikirim ke kawasan bencana. kita memerlukan alat transportasi terlebih lagi membutuhkan tenaga manusia penduduk setempat juga mulai bersedia membantu bersama-sama.

ˇ§Kalian yg datang dari tempat yg begitu jauh membawa begitu banyak barang membantu bangsa saya, saya hanya menempuh jalan gunung selama 30 menit, tidak berarti apa apa bila dibandingkan dgn kalian. Benar-benar berterima kasih kepada Tzu Chi yg datang membantu dari tempat yg begitu jauh. sungguh merupakan dewa penolong. saya merasa bangga sebagai relawan Tzu Chiˇ¨. Mereka telah mengenakan rompi Tzu Chi. mereka merasa sangat bangga dan ikut dalam kegiatan mengangkut bahan bantuan.

Kita masih harus pergi menata lokasi. Maka insan Tzu Chi yg berjumlah 21 orang harus dibagi ke 3 lokasi. Karena pasien baksos masih banyak yg mengalami kesulitan untuk turun gunung, ada orang yg harus berjalan kaki selama beberapa jam, memerlukan setengah hari baru sampai kelokasi. pasien yg penyakitnya agak parah, kita juga harus berjalan kaki naik turun gunung melakukan pengobatan kunjungan ke rumah pasien yg sakit berat atau luka berat. hubungan dokter dan pasien dibangun dgn sangat sulit dan sumbangsih penuh dgn cinta kasih dari dokter, saya yakin para pasien akan sangat berterima kasih. hubungan antara dokter dan pasien seperti ini yg penuh dgn cinta kasih dan terima kasih.

Saya yakin telah tercatat dalam sejarah setempat karena semua orang merasa sangat terharu. Saat ini kita sedang membagi bahan bantuan di sebuah lokasi yg berjarak sekitar 20-30 km dari kawasan tenda ini yg paling menyulitkan adalah kecuali cuaca cerah pada kegiatan hari pertama. namun setelah kegiatan pembagian bantuan selesai, hujan lebat mulai turun berkepanjangan. ketika hujan turun sangat lebat, jalan menjadi sangat licin. setiap jengkal jalan bagaikan meniti jurang. sungguh sangat berbahaya. mereka harus menerobos jalan gunung seperti ini sangat berbahaya.

Terlihat dari hasil foto dari wartawan kita yg diambil dalam perjalanan mereka sungguh merasa ngeri menyaksikannya. benar-benar sangat menakutkan. namun mereka juga tiba dgn selamat dan terlihat mereka sedang melakukan kegiatan baksos juga dilakukan sesuai dgn cara Tzu Chi, berupaya menenangkan hati semua orang lebih dulu.

Kita dapat melihat kehadiran anggota tentara yg naik ke pentas memperagakan bahasa isyarat. baru saja kita saksikan peragaan yg begitu rapi, tentara yg seorang ini memimpin sekompi tentara datang untuk membantu. ketika dia menyaksikan peragaan isyarat tangan dan mendengar lagu yg dimainkan yg sudah sangat dia kenal karena sudah sering dinyanyikan oleh insan Tzu Chi, dia juga berdiri dan ikut memperagakannya. peragaannya juga sangat selaras. maka cinta kasih dihati setiap orang ini bagaikan hati Buddha yg benar-benar setara cinta kasih yg tulus dan sangat konsisten sama sekali tidak membedakan baik dari Taiwan maupun dari Turki, sama sekali tidak membedakannya.

Ketika kita akan mulai melakukan baksos di sana, selain menyanyikan lagu ˇ§Satu keluargaˇ¨, kita juga menghargai adat istiadat setempat, maka meminta seorang Tokoh agama mereka. mereka semua adalah pemeluk agama Islam untuk berdoa dgn membaca ayat Quran. maka didahului dgn acara berdoa dgn membaca ayat-ayat Quran. Kita menghargai agama mereka, kita menghargai para korban bencana. Sebenarnya banyak kisah yg mengharukan yg tidak akan ada habisnya maka sungguh sangat berterima kasih, sekalipun berada di jalan yg sesulit apapun, kita selalu menghadapinya dgn hati yg tenang. tidak gentar pada kesulitan yg dihadapi dalam perjalanan penuh rintangan ini. kita telah sampai di sana dari tempat begitu jauh demi mengatasi kondisi yg mereka hadapi. kita berupaya menenteramkan kehidupan mereka.

Sering saya katakan cinta kasih yg berkesinambungan dan cinta kasih universal yg diperluas bagi seorang dokter yg dilakukannya adalah memperluas cinta kasih universal. bersumbangsih dgn cinta kasih tanpa egois, tidak gentar menghadapi jalan yg sulit dgn mendaki gunung dan menyebrangi sungai ini sulit dilakukan tanpa cinta kasih universal bagi para korban bencana yg hidup menderita ini, bertemu dgn sekelompok orang berseragam biru putih yg berasal dari Taiwan yaitu para dokter berhati mulia yg begitu lemah lembut dan berada disisi mereka, menghibur hati mereka. meskipun terdapat kendala dalam berbicara. mereka menggunakan bahasa tubuh. selamanya terukir dalam sanubari mereka. ini adalah cinta kasih yg berkesinambungan. Cinta kasih ini tetap eksis, tak peduli dalam waktu berapa lama kita percaya bencana yg mereka alami kali ini adalah kepedihan yg sangat mendalam bagi mereka sedangkan kepada orang yg datang dari tempat jauh, ada yg dari Yordania, dari Turki, , dari Indonesia, dari Malaysia, dan juga dari Taiwan, berupa sekelompok bodhisattva gabungan dari 5 negara yg bersumbangsih demi mereka. kita percaya mereka akan selalu kenang dalam hati.

 

 

 

 

 

 

 

 


Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
Telp. (021) - 6016332, Fax. (021) - 6016334
Copyright © 2005 TzuChi.or.id