Peta Situs | Komunitas Tzu Chi | Links  
Tentang Kami | Berita Tzu Chi | Misi & Visi | Cara Berpartisipasi | Jadwal Kegiatan | Inspirasi

Inspirasi
Ceramah Master
 Kata-kata Perenungan
 Cerita / Dongeng
 Ajaran Buddha

 

 

 

 

 


 

 

 
 

 



Ceramah Master

Mulai Melasanakan Acara Perbekatan Akhir Tahun
27/11/2005

Waktu tak hentinya terus berlalu setiap menit dan setiap detiknya lewat dgn cepat sekali. Hari Pernyataan Rasa Syukur di dunia Barat yang dirayakan setahun sekali telahpun tiba Di negara AS dan lainnya sungguh ramai sekali, mereka sedang merayakan hari besar tersebut. Di Tzu Chi sekali dalam setahun kita juga secara khusus perlu menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kita yg terakumulasi dari waktu ke waktu selama setahun ini, Kita sering berkata bahwa segala hal tidak dapat diungkap dengan kata-kata, Namun di dunia ini mestinya ada interaksi ungkapan hati antar sesama.

Inilah cara berkehidupan di dunia ini Maka setiap tahunnya kita mengadakan Acara Pemberkatan Akhir Tahun. Acara ini telah dimulai pada tgl 25 Nopember diawali di komunitas. Sebenarnya Acara Pemberkatan Akhir Tahun ini hanyalah sebagai lambang peringatan bahwa waktu berlalu dgn cepat dan tidak lama lagi Tahun Baru akan tiba. Dgn demikian semua orang bisa menyadari bahwa waktu itu cepat berlalu. Maka dlm Acara Pemberkatan Akhir Tahun ini kita memperingatkan setiap orang setahun lagi telah berlalu agar setiap orang menyadari bahwa seiring dgn berlalunya waktu umur kita juga telah berkurang sehari. Dgn sehari berlalu, umur kita berkurang sehari. Dgn setahun berlalu, umur kita berkurang setahun.

Sang Buddha sering memperingatkan kita akan ketidak kekalan hidup. Dalam kehidupan kita tidak bisa diketahui apakah esok hari duluan tiba atau ketidak kekalan? Tetapi yg pantas kita berkati dan rayakan adalah selama setahun ini akhirnya dapat kita lalui dgn aman dan selamat. Kondisi yg aman dan selamat ini pantas untuk dirayakan. Yg lebih pantas disyukuri dan diberkati lagi selama setahun ini, kita tidak berbuat kesalahan. Setelah memasuki dunia Tzu Chi, insan Tzu Chi dapat mengembangkan konsep nilai kehidupannya, suatu nilai kehidupan yg sangat cemerlang dimana setiap orang berbuat dgn tindakan nyata demi kepentingan orang banyak. Insan Tzu Chi ada cinta kasih yg telah bangkit Watak hakiki mereka yg hilang telah ditemukan kembali. Kesadaran seperti ini mereka dapat mengetahui tentang nilai kehidupan. bagaimana memanfaatkannya dgn arah yg benar melangkah masuk ke dalam khalayak ramai dan bersumbangih bagi dunia ini. Dimana saja mereka dibutuhkan maka mereka akan berada di tempat itu sepanjang tahunnya.

Sosok berseragam biru-putih akan muncul Selain itu, ada juga kegiatan komunitas dimana ajaran Buddha dapat diterapkan dlm tindakan. Mereka memberikan bimbingan dlm komunitas agar mereka yg sehat bisa membantu orang yg sakit, orang yg berbahagia membimbing orang yg bersedih, Hanya saja dlm bimbingan ini bila hanya diucapkan saja tidak akan bermanfaat. kita harus membangun sarana berlatih dlm komunitas. Oleh karena itu, setiap tahunnya dlm setiap Acara Pemberkatan Akhir Tahun kita selalu mengharapkan di dlm komunitas agar setiap orang memiliki kegiatan dan setiap kegiatan ada orang yg mengerjakannya.

Pemberkatan yg diterima oleh setiap orangnya berupa benda yg sederhana namun sangat bermakna mewakili ketulusan hati yg mendalam. Lihat, mereka semua sangat professional. mereka menggunting dgn penuh keahlian. Lihat, barisan Tzucheng kita, mereka benar-benar memiliki bakat terpendam. Mereka berasal dari berbagai profesi dgn keahlian masing masing. Begitu diajak mereka menjawab bahwa itu merupakan keahliannya namun mereka perlu mencari apakah ada orang yg memiliki mesin jahit. Lalu ada yg menyatakan pabriknya baru tutup, dia memiliki banyak mesin jahit maka kita bisa memakainya kembali. mesin jahit khusus utk kebutuhan pabrik yg digunakan di industri konfeksi. Kita juga bisa memanfaatkan tenaga kerja ini, mereka rela bersumbangsih dgn cinta kasih. mereka sangat ahli dlm bidangnya. Tahukan anda? Utk membuat hasil kerja seperti ini, kainnya sulit dijahit juga sulit menjahitkan benangnya. Kita ada serombongan Bodhisattva tua serta Bodhisttva muda. itu tidak sulit bila mereka bersungguh hati. mereka mempelajarinya dlm waktu yg lama.

Maka saya sering berkata bagaimana mungkin utk menginginkan saya agar tidak mengucapkan terima kasih. sulit utk tidak berterima kasih setiap saatnya. Mereka bersumbangsih baik secara berwujud maupun tidak. Lebih dari sejuta kantungan yg perlu dibuat. bayangkan berapa banyak waktu yg dihabiskan. Kadang kala baru saja dilipat lalu lurus kembali atau posisinya miring setelah dilipat. Benar-benar sangat sulit membuatnya Satu per satu daripada kantungan itu akhirnya dapat dihasilkan setiap jahitan disertai dgn doa, penuh perkataan yg bajik, penuh dgn pemberkatan. Setiap orang benar-benar sangat tulus berdoa dgn hati penuh ketulusan dan penuh ketaatan utk membuatkan kantong berkah dan kebijaksanaan yg indah sekali. kantong ini akan diisi dgn pelita hati, angpao, dll.

Sebenarnya, angpao yg setiap tahun dibagikan ini bukan berasal dari uang yayasan, sama sekali bukan uang yayasan. Hal ini perlu saya tegaskan bukan meminta simpati orang lain hanya sekedar penjelasan kepada anda sekalian. semua uang Tzu Chi dimanfaatkan utk kemanusiaan. Benar-benar dipergunakan dalam 4 misi utama sesuai dgn tujuan yg diminta oleh donaturnya. Utk angpao yg diberikan setiap tahunnya kita perlu berterima-kasih pada Griya Perenungan. Selain kain yg disumbangkan oleh orang lain dan sumbangsih tenaga dari semua orang, biaya angpao dan lilin semua berasal dari uang honor buku hak cipta, bila tidak mencukupi, Griya Perenungan membantu saya mengatasinya. Begitu pula dgn lilin dibuat oleh para Bikhsuni yg tinggal di Griya Perenungan. mereka membeli bahan dan membuatnya. Semua itu merupakan ungkapan terima kasih mereka.

Pendek kata hal di dunia tidak diukur dari kuantitasnya, yg terpenting adalah kesungguhan hati. Bila hendak menghitung kuantitas marilah kita menghitung hari-hari kehidupan kita. Kita telah kehilangan sehari, juga telah kehilangan setahun. Kita harus menggenggam waktu sesaat yg ada, sehingga sesaat itu menjadi abadi. bila kita bisa mengembangkan niat bajik kita sesaat itu akan abadi adanya dan menjadi bagian sejarah dlm kehidupan kita


Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
Telp. (021) - 6016332, Fax. (021) - 6016334
Copyright © 2005 TzuChi.or.id